Transfer Pricing

Transfer Pricing

Rp. 12,000,000

Transfer Pricing Documentation sejak terbitnya PMK 213 tahun 2016, mengalami  perubahan cara pandangnya, yaitu dengan konsepsi PRICE SETING.  Hal ini berbeda dengan peraturan sebelumnya yang konsepsinya adalah PRICE TESTING. 



More detail

Product Info :

Kode Module : TD-09
Jam Pelaksanaan : 7:45 AM-5:30 PM WIB
Hari : Senin Dan Selasa
Durasi : 2 Hari
Location : Graha TTH, Lantai 2, Jalan Guru Mughni 106, Karet Tengsin. Jakarta Selatan
Batas Pendaftaran : 31-Aug-2017
Cara Pembayaran : Bayar Sesuai dengan jumlah yang tercantum di cart

Workshop Preparasi Master & Local Document untuk Intraloan/garansi & Barang/Jasa berdasar konsep PRICE SETTING

Transfer Pricing Documentation sejak terbitnya PMK 213 tahun 2016, mengalami  perubahan cara pandangnya, yaitu dengan konsepsi PRICE SETING.  Hal ini berbeda dengan peraturan sebelumnya yang konsepsinya adalah PRICE TESTING.  Terdapat trik yang jauh berbeda untuk melaksanakan ketentuan baru ini dimana secara langsung akan mempengaruhi strategi perusahaan secara mendasar.

 

Merujuk pada pengalaman penyiapan SPT tahun 2016 yang dimasukan pada bulan April 2017 yang lalu, ternyata banyak Wajib Pajak maupun konsultan yang membantu Wajib Pajak masih keliru dalam penyusunannya terutama pada  Local Document . Hal ini mengakibatkan dokumen tersebut dapat dinyatakan tidak memenuhi ketentuan yang berlaku dimana muaranya bahwa dokumen tersebut tidak dapat diterima oleh otoritas pajak.

 

Workshop ini bertujuan untuk memahami pembuatan dokumen yang dituntut PMK 213 tahun 2016 sehingga dokumen yang dibuat tidak ditolak oleh otoritas pajak.

 

Hal istimewa dalam Workshop ini adalah mencakup pula topik intraloan/garansi serta beban induk perusahaan kepada anak perusahaan, dimana topik-topik tersebut belum pernah diangkat oleh penyelenggara lain.

 

Keistimewaan lain pada Workshop ini bahwa peserta langsung berinteraksi dengan database Oriana yang juga digunakan oleh otoritas pajak.

 

 

Syarat Peserta

 

Tiap perusahaan minimum 2 orang peserta (tujuannya bahwa setidaknya ada 2 orang staff yang mengerti membuat Local Doc) agar dapat melakukan diskusi dalam studi kasus yang diadakan tanpa risau dengan kerahasiaan.

 

 

Kondisi

 

  • Tiap pasang peserta wajib membawa topik yang akan dibuat Local Doc, yaitu transaksi afiliasi  yang ada secara nyata dalam bentuk apapun KECUALI berkenaan dengan royalti.   Informasi dasar harus di bawa antar lain: struktur organisasi, daftar pemegang saham, daftar anak perusahaan, daftar kantor cabang, daftar harta tidak berwujud yang telah terdaftar,  daftar kreditur berikut jumlah utang, daftar pesaing, chart of account, publikasi / majalah yang memuat berita2 pada industri masing2 perusahaan (misal untuk perusahaan bank ada majalah infobank)
  • Tiap pasang peserta (mewakili satu perusahaan) adalah personel yang mengetahui transaksi afiliasi maupun kondisi perusahaan.
  • Saat studi kasus, materi yang dikerjakan adalah topik yang akan dibut local Doc dalam rangka pemenuhan kewajiban PMK 213 th 2106 oleh perusahaan (bukan topik berandai-andai).
  • Pada akhir pelatihan, Hasil Kesebandingan telah  ada, namun untuk pencetakan 1 (satu) output/produk dikenakan biaya Rp. 8 juta.  Pengulangan atau salah print juga dikenakan biaya Rp. 8 jt.

 

Hari Pertama

 

8.30 - 9.30

Pemahaman Konsepsi PMK 213 th 2016

 

 

 

Penentuan apakah suatu transaksi afiliasi harus dibuat Local Doc

Pemahaman Filosofi PMK 213 dalam pembuatan Local Doc

Pemahaman Master Doc sebagai Pasangan Local Doc dan siapa yang harus membuat

 

 

9.30 - 10.30

Pengenalan Metode Arms Length versi Perpajakan pada OECD

 

 

 

Pengenalan metode penentuan Arms Length yang diadopsi oleh OECD dan kemudian menjadi tolok ukur otoritas pajak sedunia.  Metode dan peruntukan  transaksi afiliasi yang  diperkenalkan meliputi untuk transaksi barang/jasa; bunga/garansi; serta beban dari induk kepada anak perusahaan.

 

 

10.30 - 10.45

Rehat

 

 

 

 

 

10.45 - 11.30

Pengenalan Metode Arms Length versi Perpajakan pada OECD (lanjutan)

 

 

 

 

 

11.30 - 12.30

Pemahaman FAR (Fungsi, Aset & Risiko) versi OECD

 

 

 

Pemahaman dasar-dasar dalam pembuatan Local Doc  dan Master Doc versi OECD, meliputi pemahaman Fungsi, pemahaman Asset, dan pemahaman Resiko baik pada individual entitas maupun basis grup usaha.  Selanjutnya mengimplementasikan dalam analisa  tahap inisial menggunakan kodifikasi yang saat ini dianut oleh OECD.

 

 

12.30 - 13.30

ISHOMA

 

 

 

 

 

13.30 - 14.30

Pemahaman FAR (Fungsi Aset & Risiko) versi OECD (lanjutan)

 

 

 

 

 

14.30 - 15.15

Studi Kasus (preparasi pencarian pembanding Barang/Jasa)

 

 

 

 

 

15.15 - 15.30

Rehat

 

 

 

 

 

 

15.30 - 17.30

Pengenalan Database ORIANA untuk Barang/Jasa

 

 

 

Pengenalan perangkat aplikasi database pembanding ORIANA dari BvD. Menggunakan hasil studi kasus sebelumnya dilakukan pencarian pembanding untuk transkasi BARANG/ JASA.

 

 

17.30 - selesai

Studi Kasus Barang & Jasa (pencarian pembanding Barang & Jasa)

 

 

Hari Kedua

 

8.30 - 9.30

Normalisasi & Rasionalisasi Laporan Keuangan & Penerapan Indikator

 

 

 

Pengenalan tatacara normalisai dan rasionalisasi Laporan Keuangan komersial versi OECD untuk tujuan penerapan Arms Length  serta penghitungan Indikator sebagai rujukan pencarian pembanding khususnya untuk topik Utang/Garansi.

 

 

9.30 - 10.15

Studi Kasus (Normalisasi & Rasionalisasi)

 

 

 

 

 

10.15 - 10.30

Rehat

 

 

 

 

 

10.30 - 12.30

Pengenalan Database ORIANA untuk Utang/Garansi

 

 

 

Pengenalan perangkat aplikasi database pembanding ORIANA dari BvD. Menggunakan hasil studi kasus sebelumnya dilakukan pencarian pembanding untuk transkasi UTANG & GARANSI.

 

 

12.30 - 13.30

ISHOMA

 

 

 

 

 

13.30 - 14.30

Studi Kasus (preparasi pencarian pembanding Utang/Garansi)

 

 

 

 

 

14.30 - 15.15

Pembuatan Master Doc bentuk Shortform

 

 

 

Pengenalan komponen pokok dalam suatu Local Doc yang harus tersaji, meliputi value driver, big 5 revenue, market map, Intangible issue dan struktur kapital.

 

 

15.15 - 15.30

Rehat

 

 

 

 

 

15.30 - 16.30

Pembuatan Local Doc bentuk Shortform

 

 

 

Pengenalan komponen pokok dalam suatu Local Doc yang harus tersaji, meliputi ekonomi, industri, dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats)

 

 

16.30 - 17.30

Studi Kasus (pembuatan master doc & local doc)

 

 

 

 

 

17.30 - selesai

Studi Kasus pencarian pembanding (bila ada kelompok yang belum selesai)